Evaluasi Program DIklat

MODEL EVALUASI UNTUK DIKLAT
Oleh:
MUMU MUZAYYIN MAQ, S.PdI., M.Pd.


2.       TINJAUAN PUSTAKA
2.1.            Evaluasi (Penilaian)
Jika ditinjau dari sudut administrasi, peranan evaluasi (penilaian) amatlah penting. Peranan tersebut adalah sebagai pembantu dalam pengambilan keputusan (decision). Karena pentingnya pekerjaan evaluasi, maka setiap administrator program haruslah dapat pula memahami pekerjaan evaluasi tersebut (Azrul Azwar, 1988 : 330).
2.2.            Batasan Evaluasi (Penilaian)
Batasan penilaian banyak macamnya, beberapa di antaranya yang dianggap cukup penting adalah (Azrul Azwar, 1988: 330):
1.      Penilaian adalah suatu cara belajar yang sistematis dari pengalaman yang dimiliki untuk meningkatkan pencapaian, pelaksanaan dan perencanaan suatu program melalui pemilihan secara seksama berbagai kemungkinan yang tersedia guna penerapan selanjutnya.
2.      Penilaian adalah suatu proses untuk menentukan nilai atau jumlah keberhasilan dari pelaksanaan suatu program dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
3.      Penilaian adalah suatu proses yang sistematis dalam membandingkan hasil yang dicapai dengan tolok ukur atau kriteria yang telah ditetapkan, dilanjutkan dengan pengambilan kesimpulan serta penyusunan saran-saran yang dapat dilakukan pada setiap tahap dan pelaksanaan program.
Penilaian adalah pengukuran terhadap akibat (dampak) yang ditimbulkan dan dilaksanakannya suatu program dalam mencapai tujuan yang telah dilakukan. Selengkapnya bisa Donwload di SINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Mengenai Blog ini?

a. Bagus sekali
b. Bagus
c. Menarik
d. Cukup

Daftar Link Penting