Desain Pembelajaran


DESAIN PEMBELAJARAN SISTEMIK

Oleh:
MUMU MUZAYYIN MAQ, M.Pd.


BAB I
PENDAHULUAN

Ada tiga kegiatan yang satu dengan yang lain saling terkait dalam pengembangan kurikulum, yaitu perencanaan, pembinaan, dan pengembangan.
Pada dasarnya pengembangan kurikulum ialah mengarahkan kurikulum sekarang ke tujuan pendidikan yang diharapkan karena adanya berbagai pengaruh yang sifatnya positif yang datangnya dari luar atau dari dalam sendiri, dengan harapan agar peserta didik dapat menghadapi masa depannya dengan baik. Oleh karena itu pengembangan kurikulum hendaknya bersifat antisipatif (bersifat tanggap terhadap sesuatu yang akan terjadi), adaptif (mudah menyesuaikan diri dengan keadaan), dan aplikatif (berguna).
Pengembangan kurikulum berdasarkan level ini hendaknya mendasarkan kepada antisipatif, adaptif, dan aplikatif. Karena dengan demikian, kurikulum itu bisa berkembang dengan baik dilokasi masing-masing ia dikembangkan.
Berdasarkan tingkatannya, kurikulum itu dibagi menjadi tiga bagian, yaitu kurikulum tingkat nasional, lokal, dan kelas. Kurikulum nasional ini bersifat sentralisasi kurikulum, sedangkan lokal adalah desentralisasi kurikulum. untuk selengkapnya bisa di donload di SINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Mengenai Blog ini?

a. Bagus sekali
b. Bagus
c. Menarik
d. Cukup

Daftar Link Penting